11 Agustus 2010

Operasi Gigi Molar 3

Kali ini mau cerita tentang pengalaman operasi molar (gigi graham) 3. molar 3 atau singkatnya M3 itu adalah gigi yang paling belakangan tumbuh, bisanya bakal gigi mulai muncul umur 16 dan nyampe di permukaan gusi umur 17-19. tapi ga semua M3 berhasil tumbuh dengan mulus contohnya gue, M3 gue stuck ga bisa keluar karena ga punya tempat, lalu karena dia ga bisa keluar tapi dia ada maka dia mendorong-dorong gigi-gigi yang lain sehingga rahang gue sakit dan membuat semua gigi yang tadinya diem jadi gerak ga karuan.




x-ray diatas adalah foto gigi gue. coba deh liat seksama ke pojok kanan dan kiri, gigi-gigi belakang yang tenggelem karna ga punya tempat yg cukup buat keluar itulah M3 gue. terus gimana solusinya?. operasi bersama dokter bedah mulut adalah solusinya. solusi satu-satunya serta solusi yg cukup mahal, sekali bedah itu kena 1,2jt (atas) dan 1,4jt (bawah) *ampun mama*. sebenernya kalau giginya ga ngedorong-dorong atau ga melukai gusi bisa di tunda, tapi apa daya karena gigi gue ini bandel dan sebelum dia merusak karya bokap gue dan dokter gigi maka operasi deh.

awalnya gue konsul dulu ke dokter gigi dan dia bilang ga bisa di tawar harus dioperasi, tapi bokap dan gue belom yakin maka kita pindah dokter dan dokter kedua menyatakan harus operasi juga maka saat itu juga operasi. operasi gigi ga kayak operasi yang kayak di sinetron, alatnya sama kayak dokter gigi biasa cuma pake adegan membelek gusi dan jahit menjahit.

pertama kali dioperasi dokter ngambil yang kanan atas, karena kata dokternya atas lebih mudah sehingga tidak menimbulkan trauma, agak bingung juga karena menurut gue yang sama sekali ga ngerti apa bedanya coba?. sama2 gigi kan ya?. terus gigi gue dicabut dan dalam waktu setengah jam operasi beres dan bener ga beda sama cabut gigi. ternyata begitu doang aja mahal banget --"

kedua kalinya gue dioperasi seminggu yang lalu karena rahang gue sudah sakit karena dorong-dorongan kayak ngantri BLT. abis nonton inseption dan salt gue ditemenin chepy pergi ke rumah sakit yang sama tapi dokternya beda. dokter gue yang ini adalah bokapnya senior gue, gue juga beberapa hari yg lalu baru tahu dari ka Ami kalo dokter Deddy itu bokapnya anak NITRA07. operasi kedua ini beda banget sama yang pertama, setelah dianastesi, gusi dibelek dan gigi gue di pecahin karna ga bisa di cabut dengan cara biasa. udah dipecahin aja tangan dokternya mesti tetep dorong-dorong sampe rahang gue sakit lebih sakit dari segala sakit gigi.

setelah dicabut gue susah ngomong karena rahang belakang dijahit dan kalo ngomong jahitannya bikin nyeri. entah dosa apa gue selama gue berusaha diem semua orang malah ngajak gue ngomong dan gue malah diomelin karena ga jawab. gilaaaaaaaaaaaa gue pengen teriak tapi ga mungkin, pengen ngamuk juga gimana ini sakit gigi gue. pokoknya serba salah dan setelah operasi kedua ini gue baru percaya sama dokter yang kemaren nyabut gigi atas kalo cabut M3 bawah itu menimbulkan trauma.

perjuangan gue belum berakhir di operasi kedua, masih ada 2 M3 gue menunggu untung "diperhatikan".

*Ayah siapin duit yang banyak ya*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar