16 Agustus 2010

Stop Retweet Abuse

apa sih retweet abuse itu?. retweet abuse itu artinya kalian sebagai pengguna twitter menyampah di timeline follower kalian dengan tweet yg pake RT RT mulu. Retweet artinya mentweet ulang, bukan replay to

contohnya:
- Sssttt..ahaaha RT @IndraSKurniawan: Ngeeemeeeng aje lu !!RT @sendymorello: Kalo yg ini,, bakalan gw jaga sehidup semati !!


- CKCKCKC RT @rarandy: CCKCKCK T @ristoarso: Gw tmenya ci aysik RT @dindamdnh: Kan gue si asik RT @rarandy: asik pasti nic @ristoarso dindamdnh

ini cuma sekadar contoh ya... baca deh, apa iya tweet lo segitu pentingnya sampe harus dibaca sama semua followers lo??. kalo kalian pikir dengan melakukan retweet abuse adalah hal yang cool ini berbeda dengan pikiran followers kalian. terus yang seperti apa penggunaan retweet yang benar?.

Deagiov: RT @detikcom: Taylor Lautner Jatuh Bangun Pikat Taylor Swift http://de.tk/NaSPt
Agathalie: RT @montytiwa: Contoh Internasionalisme: Keong Racun versi bule.

jika kalian setuju dengan satu pemdapat orang yg kalian follow cukup retweet tanpa embel-embel, namun jika kalian tidak setuju gunakan replay di awal dan apabila orang tersebut telah  menulis tweet baru yg tidak satu subjek (intinya kalian ketinggalan kereta lah) setelah selesai gunakan (re:subjek balasan). misalnya:

Manusiaa: wah spe**y ngehe
Manusiaa: ah ketawa nih liat yg lucu
trus kita mau bales nih yg tentang spe**y
Kita: @manusiaa makanya jangan pake spe**y, ganti fas**et dong (re: spe**y ngehe:)

saya sebagai followers ingin mendapat informasi tapi bukan informasi yang akan menimbulkan kepo. tahukah kalian kalau dengan menggunakan reply saja followers kalian yg tidak follow orang yg kalian mention tweet kalian tidak akan masuk ke timeline followers kalian. misalnya:

Prinsiska: @chepyna py hari ini kita jalan yu. bosen nih
Chepyna: @prinsiska ayo rin, sekalian gue mau nyari karton
Prinsiska: @chepyna oke jam 11 gue di depan rumah lo

tweet ini hanya akan terlihat di Timeline oleh followers yang memfollow @prinsiska dan @chepyna. kalau kalian hanya memfollow salah satunya, maka tweet ini tidak akan menyampah di timeline kalian. saya pernah sampai meng-unfollow teman saya karena dia melakukan retweet abuse sepanjang hari.

retweet juga kurang sopan digunakan apabila orang yg kalian retweet itu memprotect profilenya. mereka mengamankan twitter mereka tapi kalian dengan sengaja membocorkan tweet mereka di publik. maaf banget kalau ada yang tersinggung tapi kebanyakan dari pelaku retweet abuse adalah pengguna Uber Twitter karena disana tidak dibedakan mana yang twitternya di protect dan mana yang tidak. cuma mengingatkan bahwa alangkah bijaksananya jika anda menggunakan reply, siapa juga yang mau tau perbincangan anda dengan orang yg tidak saya kenal..

sebenarnya itu hak kalian mau melakukan retweet abuse atau menggunakan reply, tapi hak kami juga untuk berhenti menjadi followers kalian saat kalian terlalu sibuk dengan retweet abuse!. jangan bicara etika  ketika kalian juga tidak beretika!

3 komentar:

  1. kayanya mesti bikin campaign STOP RETWEET ABUSE !!!


    btw, gue seneng nih karena ada nama guenya hahahahahahhaah :p

    BalasHapus
  2. GUE SETUJU ABIS!!!!!
    Entah kenapa gue juga bingung sama orang-orang yg apa-apa RT mau banget apa semua omongannya dibaca orang -_-"

    BalasHapus
  3. Kalau sekarang malah merambah ke spam komersial.

    BalasHapus