07 September 2013

Sehari di Singapura

Hallo..

Kali ini aku mau cerita tentang trip super singkat ke Singapura. Alhamdulillah untuk kedua kalinya bisa jalan-jalan ke negeri sebrang dan kali ini hotelnya gratis karena Mba Ike menang lomba dan tiketnya gratisan dari kantor ayah (baca: Garuda). Personell yang pergi kali ini ada Aku, mba Ike, Mama dan Akbar. Karena ini banyak gratisannya jadi kita hanya bawa uang untuk transporasi selama disana dan makan saja.

PAGI

Karena kita berempat dan pergi akhir minggu kita ga bisa booking by phone ke Garuda, jadinya kita go-show ke airport. Kita dateng pagi banget karena harus stand by untuk kursi kosong. Penerbangan jam 6 pagi, ada 2 seat kosong dan diambil sama mba ike dan Akbar sehingga mereka sampai sana lebih awal. Jam 7 pagi, ada 2 seat kosong lagi dan akhirnya aku dan Mama bisa cussss terbang.

Setelah 50 menit terbang, sampailah di Changi Airport Singapura. Karena ga bawa bagasi jadi aku minta Akbar dan Mba ike tunggu kita sebelum keluar imigrasi. Walaupun airportnya besar tapi ga sulit untuk janjian karena mereka hanya bisa tunggu di satu lokasi aja. Sehingga pas aku dan mama keluar langsung deh mereka nyamperin kita.

Setelah keluar imigrasi, kita langsung cari Stasiun MRT yang ternyata mesti jalan ke ujung airport dan turun kebawah. MRT pertama yang kita naikin namanya Airport Link dan hanya menghubungkan Changi Airport dan Stasiun Tanah Merah. Namun untuk beli tiketnya kita bisa input sampai stasiun yang kita ingin tuju, karena aku akan stay di Choptrone King Hotel maka aku input untuk turun di stasiun Outram Park. Di stasiun Tanah Merah kita harus turun dahulu untuk ganti kereta.

Setelah turun di stasiun Outram Park, aku pakai google maps untuk cari jalan ke hotel. tapi, karena Indosat loading GPSnya lambat akhirnya kita jadi muter muter dan pegel. Lirik kanan kiri kayaknya naik taxi enak, tapi takut mahal kita akhirnya jalan sampai beneran pegel banget. hampir depresi liat jalan setapak yang ga abis abis eh tiba tiba kita GPS menunjukkan hotelnya ada di depan kita. Alhamdulillah.. akhirnya sampai juga.

Hotelku sayang.. aku datang..
Setelah sampai hotel, kita tukar vouchernya dan mereka minta SGD 50 untuk deposit dana kan dikembalikan saat check out. huhuhu. setelah Check in, kita mandi, ganti baju, dan makan lalu start deh jalan-jalannya.

SIANG

Pas keluar hotel kita agak bingung untuk cari bus ke Merlion Park. Daerah hotel kita itu sepi dan ga ada penduduk sekitar. Pas ada bus lewat akhirnya kita nanya dan bu supirnya menyarankan kita naik MRT, Sudah nyerah jalan kaki, akhirnya kita coba naik taxi. Ternyata di Singapura abang taxinya ga kayak disini yang ga mau ambil jarak dekat. Mereka sudah biasa antar orang itu cuma ke stasiun terdekat dan nanti dapat penumpang lagi dari stasiun ke rumah mereka. jadilah kita berempat naik taxi ke stasiun Outram Park hanya SGD 2. Murah banget dibanding pegel. hahahaha

Dari stasiun Outram Park kita naik MRT East West Line ke arah stasiun Tanah Merah tetapi turun dulu untuk ganti kereta di stasiun Paya Lebar lalu naik MRT Circle Line dan turun di stasiun Esplanade. Harganya waktu itu SGD 2 per orang. Di stasiun Esplanade itu kayak ada mallnya jadi bisa cuci mata sambil jalan keluar stasiun. Cerita lucunya, Akbar ceritanya mau beli slurpee di 7eleven dan minta uang sama mba Ike. Pas dia beli, harganya di diskon sama kasirnya karena kasirnya liat Akbar mukanya mirip orang India (kasirnya orang India). Pas keluar dari 7eleven kita jadi ketawa ketawa.

Ternyata Esplanade itu semacam tempat untuk opera gitu dan dari sana ke Merlion Park udah deket banget. Yaudah kita jalan aja deh ke Merlion Park

Akbar foto sama Marina Bay Sands
Arina kena sensor

Setelah foto foto di Merlion Park, tujuan selanjutnya adalah Orchad Road. Dari stasiun Esplanade, naik Circle Line ke arah Dhoby Ghaut, lalu tukar kereta dengan MRT North South Line turun di stasiun Orchad.

SORE

Sampai di Orchad beda banget dengan ditempat lain, dari mulai stasiunnya aja penuh banget. Mulai deh kita menyusuri Orchad sambil cari jajanan karena perut mulai laper. Kalau dari depan, sulit cari makanan apalagi makanan halal. Akhirnya kita masuk ke salah satu mall yaitu Ngee Ann City dan mulai keliling. Mba ike yang tiba tiba berbinar binar lihat Sephora akhirnya kita melipir dulu deh dan cuci mata.

Niatnya cuci mata eh akhirnya ke kasir juga.. dia belanja akupun ikut belanja. hufh. Setelah itu kita cari makan ke food court. Banyak pilihan makanan tapi agak ragu karena ga dibedain mana yang halal dan engga. akhirnya cari aman kita makan di KFC yang logo halalnya gede banget.

Akbar numpang gaya di Orchad
Selesai makan ternyata matahari masih tinggi, akhirnya kita keliling Orchad lagi lalu setelah ngeliat ada sekelompok ibu ibu lagi belanja tas Chanel dengan hebohnya kita jadi takut sendiri. Abis itu kita naik taksi ke China Town karena menurut informasi, di China town paling murah untuk beli oleh oleh dari Singapura.

MALAM

Semurah murahnya barang di Singapura tetap aja mahal. Bahkan standar harga gantungan kunci dan kaos aja jadi melambung tinggi karena kurs mereka yang tinggi. Akhirnya kita belanja seperlunya daripada pulang bangkrut.
China Town yang ramai sekali
Selesai dari China Town, ternyata ke hotel sudah dekat dan akhirnya kita jalan. AGAIN. JALAN. Sebetulnya kita udah pegel sih, tapi karena jarak jalan ke stasiun China Town dengan jalan pulang juga ga beda jauh akhirnya kita jalan aja. Pas lagi jalan kita kehausan dan melipir ke SPBU untuk beli Aqua. iya.. beneran kita beli Aqua karena merk air mineral kemasan lainnya harganya mahaaaaal banget dan Aqua yang paling murah. Aqua 300ml dijual SGD 1.8. ngenes.

Sampai hotel kita langsung mandi dan istirahat karena besok pagi kita sudah harus check out.

PAGI

Bangun pagi, langsung mandi dan rapi rapi lalu kita turun untuk sarapan. Sarapannya cukup ramai dan makanannya enaaaaak bangeeeet. Namun sarapan aja ga bisa santai karena inget pesawat udah dadah dadah. Pas check out uang deposit SGD 50 dibalikin dan kita bisa jajan di airport hahahaha

Dari depan hotel kita langsung naik taxi ke stasiun Outram Park kearah Tanah Merah, lalu ganti Airport Link. Sampai di Airport kita termasuk cepat tapi langsung bisa check in dan masuk ke duty free.

Foto rame-rame
Konyolnya, karena kita sibuk belanja di duty free akhirnya kita lari lari ke gate boarding karena tau tau pesawatnya udah mau ditutup. *tepok jidat*.

Next time pengen kesini lagi karena kayaknya sehari aja kurang puas untuk keliling Singapura.