16 Februari 2014

Kuala Lumpur Trip - Part 2

Hallo semua..
Melanjutkan posting yang sebelumnya, setelah 1 jam perjalanan tiba tiba sudah sampai di Malaysia. yeay holiday is start now!.

Hari Pertama

Sesampainya di KLIA gue langsung cari mencari imigrasi. Antrian imigrasi khusus negara ASEAN tergolong panjang tapi prosesnya cepat karena hanya cek nama, scan paspor, foto lalu paspor dikasih cap deh. Karena ada bagasi, gue langsung cari tempat ambil bagasi dan mencari koper. Karena proses imigrasi yang terlalu cepat jadinya gue agak lama nunggu koper keluar huhuhu. kita foto dulu deh

Selca pertama di Malaysia
Setelah selesai ambil bagasi, gue mencari lokasi terminal bus. Ada 2 cara untuk ke Kuala Lumpur (KL Sentral) dari KLIA yaitu naik KLIA Express (RM70) atau naik Bus (RM10). Bedanya apa? KLIA express cepat dan mewah yaitu sekitar 20 menit saja dari KLIA ke KL Sentral. Sedangkan naik bus kurang lebih 60 menit dan bisa lebih lambat kalau ada macet. Karena harga yang terlalu beda jauh jadi gue pilih naik bus.

Lokasi statiun bus di KLIA ada di lantai paling bawah, karena ini pertama kalinya gue kesana awalnya sempat bingung bagaimana caranyaaaaaa... ternyata mudah, cukup cari lift terdekat turun ke arah "sama sama hotel KLIA" setelah itu nanti ada eskalator kecil untuk turun, nah disitu langsung deh terminalnya. ada kubikel nama nama PO bus, jurusan dan waktu berangkatnya. Waktu itu gue pilih Airport Coach atas rekomendasi dari website KLIA, harganya RM10 dan jarak antar bus kurang lebih 60 menit. Waktu mau bayar gue lihat tulisan ada jurusan Bukit Bintang RM 12 jadi gue pikir biar langsung gue sekalian pesan yang ke Bukit Bintang, belakangan pas turun gue ditipu huhuhu semua harus turun di KL Sentral, untuk ke Bukti Bintang harus naik bus lain atau monorail (sesuai informasi awal gue). Disana ga ada istilah ngetem, jadi penuh atau kosong bus tetap jalan sesuai waktu yang ditentukan yah walaupun kena tipu dikit. hahaha

Sesaimpainya di KL Sentral, gue turun di basement KL Sentral dan agak bingung karena ga ada informasi yang jelas untuk menuju stasiun monorail. Modal celingak celinguk sambil cari orang melayu akhirnya kita geret koper kurang lebih 100 meter untuk ke stasiun monorail (jangan naik eskalator, cukup jalan lurus aja dari tempat turun bus lalu setelah ketemu perempatan nyebrang kearah kanan), stasiun monorail KL Sentral lokasinya ada di kiri jalan.

Sebagai turis yang ga punya kartu langganan, gue harus beli token setiap kali naik kereta atau monorail, dalam satu kali perjalanan ongkosnya dari RM 1 - RM 2 (jarak yg gue tempuh 4-10 stasiun). Beli token ga terlalu ribet kok, stasiun yang gue lewati semua sudah full mesin. Mba Mba disana jaga hanya untuk tukar uang besar ke recehan saja atau bila ada masalah dengan mesinnya.

Setelah naik monorail kurang lebih 15 menit, sampailah kita di stasiun Bukit Bintang. Mungkin dinamakan bukit bintang karena jalannya yang naik turun tajam kayak di bukit *sotoy*, dari stasiun gue nekat jalan ke hotel yang gue tempatin di Jalan Tongkat Tongshin yang ternyata itu jalan penuh cobaan karena geret koper sambil naik turun bukit ga bagus buat otot kaki. *pegel*

Mama langsung santai
Sampai di hotel Alpha Genesis, gue langsung disambut sama satpam melayu yang ramah banget.  Gue juga bisa check in dan pegelnya terbayar karena hotel yang masuk kategori murah ini fasilitasnya bagus dan tempatnya juga besar. Gue puas banget karena foto di internet sama dengan yang gue dapatkan.

Kamarnya cukup besar, kasunya empuk dan ga ada bau dingin atau lapuk. diliat dari penampilannya sih kayak baru renovasi. Cuma ada kurangnya nih, ternyata di Malaysia hotel itu ga menyediakan sikat dan pasta gigi. nah loh.. aneh ya..

Abis rebahan dan santai santai kita planning untuk mulai jalan-jalan jam 4 sore. Karena di Kuala Lumpur sebetulnya garis lurus dengan Waktu Indonesia Barat, jadi semua jadwal sholat mundur 1 jam. Waktu terbenam matahari jadi jam 7 malam dan subuhnya jam 6 pagi.

Itenarary yang gue buat sore ini kita ke KLCC dan sekitarnya. Lihat twin tower, keliling KLCC park, dan malamnya lihat air mancur di KLCC.

Perjalanan dari Bukit Bintang ke KLCC itu deket banget, dengan monorail cukup 10 menit aja udah sampai. Sampai di stasiun KLCC tinggal ikutin tulisan pintu keluar dan tibalah kita di sebrang twin tower. horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
Twin Tower aka Menara Petronas
Sore di KLCC park
Ngemall di Suria KLCC

Di KLCC semua ada, mau shopping, mau santai, bahkan mau ibadah aja mudah. Salutnya, disini bersih dan terawat jadi sebagai pengunjung betah banget berlama lama disini. Ketika masuk waktu magrib, kita tinggal tanya sama satpam dimana Masjidnya dan salut juga karena masjidnya besar dan lokasinya mudah dicari.
Masjid KLCC
Selesai sholat magrib, gue balik lagi ke KLCC park untuk lihat air macur hahaha. Kata mama ini sama aja kayak yang dulu ada di Monas, hanya bedanya ini lebih besar dan lebih keren. *lah beda dong..*
KLCC fountain
Hari Kedua

Hari ini itenarary-nya mau balik lagi ke KLCC karena semalam foto di twin tower ga semua backlight. hahahaha. Pagi ini kita kepagian, karena disana jam 6 baru subuh jadi jam 7 pagi itu jalanan masih sepi banget dan akhirnya gue mundurin waktu sarapan dan jalan-jalan. Jam 7:30 kita sarapan dan sengaja belum rapi rapi, Sarapannya cukup enak dan lengkap untuk ukuran hotel kecil.

Jam 8 pagi kita start jalan lagi, kali ini setelah turun dari monorail gue kearah twin tower langsung bukan kearah KLCC Park. Jalan jalan dulu ke museum Petronas, trus nyasar akhirnya muter muter KLCC. Hikmah dari nyasar adalah gue menemukan sisi lain dari KLCC park yang ternyata justru disini klo foto dengan twin tower itu malah jadi kelihatan semua.

Museum Petronas

Setelah gue foto-foto, gue jalan lurus ke arah Suria KLCC lalu ketemu taman yang cantik banget. Kenapa gue bilang cantik? karena taman ini ada di tengah jantung kota Kuala Lumpur. Di tengah tengah bagunan bangunan beton mereka masih mikirin untuk bikin taman yang besar kayak gini? wah hebaaaat..

Setelah menikmati pemandangan, gue balik lagi ke habitat asal.. nge-mall. Suria KLCC itu besar dan kemarin karena sudah malam jadi gue ga banyak cuci mata dan cari oleh oleh. Hari ini gue niatin untuk cari oleh oleh dan buat shopping sendiri juga sih hahahah. Mall besar ini ternyata ga banyak jual barang lokal, banyakan impor juga kayak Grand Indonesia gitu. Tapi gue menemukan salah satu toko oleh oleh yang agak premium di KLCC, semua barang yang mereka buat mahal karena dikerjakan tangan. disana gue beli gantungan kunci RM 5 dan kaos buat ade gue RM 20.

Setelah itu, mall mulai rame dan gue minggir untuk balik ke hotel dan istirahat karena sore ini rencananya mau jalan lagi.

Sekitar jam 3 gue mulai cabut dari hotel kearah Masjid Jamek. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Kuala Lumpur yang memiliki nilai historis dan arsitek tinggi. Masjid Jamek merupakan masjid yang dibuat simetris dari segala sisi. sehingga banyak turis yang kesana walaupun bukan Muslim.

Masjid Jamek difoto dari stasiun monorail
Bisa dikatakan Masjid Jamek dan sekitarnya merupakan kawasan kota tua dari Kuala Lumpur karena semua bangunan jaman kerajaan atau jaman pendudukan Inggris masih kokoh dan terawat. Setelah dari Masjid Jamek, gue jalan ke sekitarnya ada Dataran Merdeka, Bangunan Sultan Abdul Samad dan Kuala Lumpur City Galery. Ga tahan buat ga foto disegala sisinya. gue paling suka dengan Bangunan Sultan Abdul Samad. Bangunan ini seperti membawa kita ke timur tengah.

Bangunan Sultan Abdul Samad
Sayangnya karena sudah terlalu sore gue ga bisa masuk ke City Galery karena mereka tutup jam 5 sore dan gue datang jam 5.10. ngenes. sakit.

KLCC yang tertutup untukku
Sambil nunggu magrib akhirnya gue memutuskan untuk jalan-jalan aja sambil cari tempat istirahat, Dari KLCG kita tinggal nyebrang aja kalau mau balik lagi ke Masjid Jamek. Karena disana daerahnya sudah terblok rapi jadi kalau muter pasti bisa sampai lagi ke tempat semula.

Sambil jalan ke arah Masjid Jamek, kita ketemu beberapa lokasi yang gue suka.. lokasi ini bikin Kuala Lumpur rasa eropa. hahaha dengan bangunan yang tua tapi tetap terawat jadi pengen foto lagi dan lagi.

Setelah magrib, di sekitar Masjid Jamek muncul pasar kaget (Jalan Masjid India), karena penasaran gue menelusuri pasar tersebut dan tiba tiba gue berdiri di swalayan My Din, saking ramenya gue sampe penasaran ini apaan. Pas gue masuk, ini seperti surga oleh oleh makanan!. harganya super miring!. Mulai dari coklat sampai snack khas Malaysia dijual jauh lebih murah disini. Akhirnya gue dan Mama kalap. kita belanja banyak banget. Lain kali kalau ke Kuala Lumpur, udah cari aja supermarket My Din.

Setelah selesai belanja, kita lewatin pasar kaget lagi untuk menuju monorail dan tiba tiba muncul abang es krim. cuma Seringgit kita dapet eskrim strawberry susu yang rasanya enak bangeeeet. Lalu kita balik ke arah Bukit Bintang.

Diperjalanan dekat hotel, banyak abang souvenir yang jualnya dupinggir jalan. Gue yang ga punya bakat tawar-menawar akhirnya nyerah dan minta tolong mama buat nawar. Lumayan kita dapet gantungan kunci 10pcs hanya RM 20 dan pajangan meja twin tower seharga RM 15.

Selesai belanja, bobo deh.. besok pulang deh..

Hari Terakhir

Hari ini gue ga bikin jadwal apa apa, walaupun penerbangan kita jam 11 pagi tapi karena jarak dari Kuala Lumpur yang jauh banget ke KLIA akhirnya kita cuma bisa sarapan pagi lalu langsung check out.

Pagi buta dan bawa koper penuh, udah ga kebayang deh geret geret naik monorail. Akhirnya kita minta tolong sama satpam untuk cariin taksi. nah!, hati hati di KL masih banyak taksi nakal yang minta borongan dan kebetulan gue dapet!. Gue minta diantar ke KL Sentral dan dia minta agak mahal, tapi karena gue udah butuh dan mepet akhirnya gue iyakan. disana walaupun taksi borongan tetap mereka menyalakan argo sehingga kita tahu sebetulnya argonya cuma berapa. Pas gue turun, argo sangat jauh lebih rendah dibandingkan harga yang dia minta. Sabaaaaarrr.. ini ujian dan pengalaman.

Setelah itu, gue cari tempat gue turun bus dan beli tiket airport coach disana harganya RM 10 sampai di KLIA. Tinggal bayar dan naik deh ke bus. Perjalanan dari KL Sentral ke KLIA lancar tetapi tetap memakan waktu 1 jam perjalanan karena jaraknya memang jauh.

Karena agak kepagian akhirnya setelah check-in gue sama nyokap sempet kopi dulu dan leha leha. kita juga sempet muter muter duty free tapi mahal jadi males belinya.

Holiday is finally over.. Kapan-kapan mau balik lagi kesini.. InsyaAllah..