13 Maret 2014

New Fase

Di posting kali ini gue mau cerita tentang salah satu fase yang gue alami.. Gue (sudah) memutuskan untuk berjilbab. Ber-Jilbab. Kata yang dari dulu sudah gue kenal tapi belom bisa gue laksanakan secara keseluruhan karna selalu aja ada alesannya. Mulai dari Berjilbab setiap ngaji ke TPA belakang rumah, berjilbab pas lebaran, sampe berjilbab pas pelajaran agama karna takut dikejar bu Suarni.

Pernah ketika gue di SMA, gue menyatakan pengen pakai jilbab tapi ada penolakan dari beberapa pihak dengan alesan "nanti aja". Saat itu gue nurut aja walaupun gue curi-curi pake jilbab ke sekolah selama kurang lebih 4 bulan dan akhirnya tanpa sadar 4 tahun dari saat penolakan itu akhirnya gue malah ga ada niat lagi buat pake jilbab.

4 Tahun lalu

Don’t judge a book by its cover

Kita ga bisa nyalahin orang lain yang ga kenal kita untuk menilai kita dari luar karna memang hanya itu yang kita tampakkan ke mereka. Saat ini gue sendiri kerja sebagai sekretaris direktur di sebuah perusahaan kabel di tangerang dan gue mendengar banyak nilai yang ga enak tentang gue. Gue ga nyaman dan jujur gue sedih dengernya. tapi gue cuma bisa cengegesan aja.

Suatu hari gue ditanya sama seseorang kenapa gue belum berjilbab. Dengan bersilat lidah gue mengutarakan berbagai alasan seperti:
  • Ga semua orang berjilbab itu lebih baik 
  • Nanti aja nunggu siap
  • Boss gue ga bakal ngebolehin
  • Susah dapet jodoh
  • Susah dapet kerjaan klo mau pindah
  • Kata orang tua nanti aja
  • Dll, dll, dll *isi sendiri*
Lalu orang tersebut bertanya lagi “Hukum berjilbab wajib atau engga?”. Gue jawab “wajib”. Dan dia nyuruh gue baca surat Al-Ahzab Ayat 59 yang artinya seperti ini;
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Ahzab : 59)
Dan dengan masih berkelit sana sini akhirnya gue bilang gue gak mau bahas itu lagi. Padahal, hati gue jadi galau karna itu. Kenapa gue galau?. Point-point pada ayat itu ngena dan pas banget buat gue yaitu gue butuh identitas dan berharap jauh dari gangguan.

krisis identitas karna sering dikira non-Islam sama orang makin ganggu dan nyebelin. in fact, Allah SWT sudah menyediakan solusi yaitu dengan berjilbab. karna hanya Muslimah saja yang berjilbab.

Jadikan Dunia sebagai Jembatan bukan Tujuan
Beberapa setelah kejadian itu gue jadi makin galau. Sholat rasanya kurang lengkap dan setiap wudhu bawaannya sedih aja. Alesan gue untuk tidak pakai jilbab itu semuanya tentang masa depan gue didunia yang gue sendiri ga tau tapi gue sok tau. Padahal, semua yang gue jalananin di dunia ini semua milik Allah SWT dan atas kuasa-Nya. kok kayaknya gue ngeyel banget gitu keukeuh sama pendapat sendiri bahwasanya gue pasti lebih baik "nanti aja" pake jilbabnya.

Kurang lebih 2 bulan galau, searching artikel dan “berdiskusi” dengan orang tua, niat gue makin dikuatkan dengan ketemu salah satu blogger yang sekretaris juga dan dia memutuskan pakai jilbab, lalu ada rekan sekretaris temen Facebook gue yang kerja sama orang Belanda dan dia memutuskan pakai jilbab juga.

Akhirnya di hari Jumat, 17 May 2013 gue dengan tegas menyatakan “Mulai saat ini Arina berjilbab”. Dengan segala konsekuensi yang akan timbul setelahnya, gue yakin Allah SWT selalu ada untuk menolong hambanya. Skenario terburuk sudah gue perkirakan ketika gue akan menyampaikan niat gue sama boss gue, tapi setidaknya dipecat jauh lebih ringan dibanding disiksa di neraka.

Karena seragam kantor gue yang perlu dibuat dengan proses lama, akhirnya gue siap ke kantor dengan jilbab pada bulan Juni. Gue laporan sama boss Indonesia gue kalo mulai besok gue pake jilbab ke kantor, sambutan dia biasa aja. Yang jauh lebih lebih heboh adalah boss jepang gue dan staff staff lain. Macem lagi ulang tahun diselametin satu kantor.

Alhamdulillah sudah 9 bulan gue ngantor dengan jilbab dan semua perkerjaan gue tidak ada yang terganggu. Gue juga merasa lebih nyaman dan aman dengan berjilbab. Gue malah dapet bonus jodoh setelah pake jilbab. hehehehe

Semoga bisa terus Istiqomah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar