20 Januari 2010

Kang-Nong Kota Tangerang 2009

gue dari tadi mau nulis di blog tapi bingung banget mau nulis apa. mencari ide kesana kemari tapi masih buntu juga. sampai akhirnya muncul ide tentang Kang dan Nong, yang datangnya dari Jillena. karena tadi dia tiba-tiba heboh dengan bilang kalau Kang-Nong Kabupaten Tangerang sudah menyebarkan formulir untuk pemilihan 2010 dan sudah foto dengan seluruh finalis dan pemenang.

lalu gue berpikir dan melihat-lihat, kayaknya Kang-Nong Kota belum foto studio bareng. akhirnya gue iseng untuk membuka folder laptop gue dan mulai mencari foto-foto waktu karantina dan final Kang-Nong Kota Tangerang 2009 dan ketemu lah gue dengan foto-foto yang sangat berkesan buat gue dan seluruh finalis Kang-Nong Kota Tangerang 2009.

Kang dan Nong itu sendiri adalah salah satu program pemerintah daerah Kota Tangerang dalam mencari duta pariwisata untuk daerahnya. biasanya ada nama-nama khusus untuk penyebutannya disesuaikan dengan bahasa daerah masing-masing. misalnya Abang-None untuk DKI Jakarta, Uda-Uni untuk Sumatera Barat, Mojang-Jajaka untuk Jawa Barat dan Kang-Nong untuk Banten.

Acara pemilihan Kang-Nong Kota Tangerang 2009 dimulai dengan pendaftaran, technical meeting dan pengumuman finalis. inilah foto pertama gue yang masuk koran, walaupun koran lokal Provinsi Banten. Proses sampai masuk finalis tergolong sangat yaitu hanya 1 minggu.



Selanjutnya kita dikarantina selama satu minggu. Proses karantina sebetulnya simple tapi karena dari pagi sampai maghrib jadi terasa capek. Karantina dilakukan di Lt. 4 Gedung Cisadane (Aula Disporbudpar Kota Tangerang) lokasinya cukup besar dan terasa homey. Pada awal karantina kita juga diberikan pasangan selama seminggu, pasangan itu yang akan bersama-sama sampai ke malam grand final, gue dapat pasangan adik kelas gue di SMA namanya David.

Selama beberapa hari dikarantina panitia juga membuat jadwal jalan-jalan ke tempat wisata di Kota Tangerang yang bikin kita refresh walaupun jalan-jalannya juga ga jauh. Saat itu kita diajak jalan-jalan ke klenteng terbesar di Kota Tangerang (dan mungkin di Provinsi Banten juga) namanya Bo San Bio. Klenteng Bo San Bio  lokasinya sangat dekat dengan Gedung Cisadane jadinya kita kesana jalan kaki.

*Finalis Kang Nong berfoto di depan Bo San Bio*

Pada masa karantina itu ada acara namanya "unjuk bakat", jadi semua finalis harus memperlihatkan bakat masing-masing. khusus untuk tahun 2009 sendiri ada yang istimewa yaitu adanya acara Unjuk Bakat yaitu acara yang menghuskan para Finalis untuk mempresentasikan bakat yang mereka punya dan akan diberikan gelar Kang dan Nong Berbakat pada akhir acara.  Gelar Kang dan Nong Berbakat ini baru akan diberikan pertama kalinya pada tahun 2009. Singkatnya siapapun yang menang maka dia akan menjadi pemegang gelar untuk pertama kalinya.

Acara unjung bakat ini sudah diinfokan sejak awal karantina, tapi karena full time untuk karantina gue bahkan sampai lupa untuk mempersiapkan unjuk bakat. Untungnya gue ingat kalau gue bisa nge-dance, jadi lah gue nge-dance dengan mixed lagu tengah malam dan buat konsep dan kostum super simple untuk acara unjuk bakat itu. Karena urutannya tidak berdasarkan nomor, gue menjadi Nong terakhir untuk acara unjuk bakat itu, nunggu dari jam 1 siang sampai jam 8 malam baru naik pentas. muka gue udah ngantuk banget saking kelamaan nunggu. tapi penantian gue tidak sia-sia karena diakhir acara gue mendapatkan gelar "Nong Berbakat" pertama di Kota Tangerang. alhamdulillah. "Kang Berbakat" di raih Alans Putrawansyah.


*kang nong berbakat 2009*

berakhirnya masa karantina berarti masuk masa grand final. grand final adalah satu hari yang jalannya lama banget karena kita peserta deg-degan semua. acara grand final dimulai dengan parade dan perkenalan nama finalis.

*seluruh finalis kang nong di pembukaan grand final*

setelah acara parade di lanjutkan dengan acara menari tradisional di daerah Tangerang yaitu Cokek. tapi cokek nya dibuat lebih modern dan lagu yang di pakai juga lagu Pop Indonesia. kalau kata panitia lagu Chrisye adalah lagu yang wajib dipakai untuk tarian pembuka acara Grand Final Kang-Nong Kota Tangerang. tahun 2009 sendiri memakai lagu Persembahan Cinta. lagunya Pop, tapi musiknya kental dengan tradisional.

Untuk Kang, kalian juga harus nari loh.. walaupun nanti koreografinya akan berbeda dengan yang Nong karena akan dibuat cuma gerak gerak aja ga pake geol geol.


finalis kang nong menarikan cokek modern
*gue yang pakai selendang biru ketiga dari depan*

setelah kita nari, kita semua bikin satu barisan seperti layaknya anak SD yang mau masuk kelas. di panggil-panggil nama masing-masing finalis dan para pendukung adu tepuk tangan.dengan jumlah pendukung yang banyak itu MC sampai susah untuk meminta mereka diam. ckckck.

*all finalis Kang Nong 2009 dengan baju kebesaran*

acara selanjutnya adalah pengunguman TOP 5 Kang dan Nong. nantinya TOP 5 inilah yang akan diberi pertanyaan dari juri dan yang katanya jawabannya paling oke akan menjadi pemenang. sebenarnya pertanyaan yang diajukan di malam itu kita semua sudah tahu karena sudah latihan pada saat karantina (latihan menjawab pula!), cuma kita belum tahu pertanyaan yang mana yang akan diberikan ke kita.

dimulai dengan memanggil nomer peserta Nong, Nong diberikan nomer genap dan Kang diberikan nomer ganjil, sistemnya adalah dipanggil dari nomer urut paling kecil ke yang paling besar. gue adalah Nong pertama yang dipanggil menjadi TOP 5 padahal gue nomer 8. agak bingung soalnya gue meperkirakan Nong nomer 6 akan masuk TOP 5. disusul dengan nong nomer 12 (Meidiana), 14 (Jillena), 16 (Yeniar) dan 20 (Claudia). untuk kang yang masuk adalah nomer 3 (ka' Anas), 9 (Dellyan), 11 (Febrianto), 13 (Alans), dan 15 (Randy)

*1st Nong in TOP 5*


*i am as a most little in TOP 5 *

setelah pengumuman, TOP 5 diberikan pertanyaan. semua pertanyaan diambil dari bowl yang sudah disiapkan juri. namun sial di gue, gue mendapat pertanyaan langsung dari Bapak Wakil Walikota Tangerang, langsung a.k.a pertanyaan itu tidak pernah ada dalam latihan manapun. sebenarnya pertanyaannya mudah dan gue jawab dengan lancar walaupun sedikit grogi karena gue ngerasa down. down kedua adalah pertanyaan yang diberikan ke teman-teman gue yang lain adalah pertanyaan yang semuanya udah pernah ditanyakan ke gue dalam latihan, bahkan ada peserta yang jawabannya "terinspirasi" dari gue. ha ha ha

di akhir acara gue memang tidak menjadi pemenang "Nong Kota Tangerang 2009" tapi gue tetap bangga dengan diri gue sendiri. Gue datang dengan niat awal cuma mengisi waktu liburan untuk ikut audisi, dan terobsesi dengan gelar apapun tetapi Alhamdulillah gue masuk dalam jajaran finalis bahkan TOP 5. Gue puas karena meskipun orang bilang cuma "Nong berbakat", tapi itu menjadi suatu pengakuan terhadap bakat gue. kalau suatu hari ada yang bertanya "do you think you can dance?". gue akan menjawab "absolutely" 


*Welcome to Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang*

terima kasih ku ucapkan kepada:
  1. Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan.
  2. Keluarga Besar yang telah memberikan support moril dan materil.
  3. Dinda, Sasa dan Selvi yang sangat rela menyempatkan waktunya untuk datang ke acara unjuk bakat dan malam grand final serta mendukung moril. i love u all ladies!
  4. Ananta yang menyempatkan hadir dan rela di tinggal waktu itu.
  5. semua teman-teman kampus yang sudah rela mengeluarkan pulsa untuk mendukung, maaf belum bisa menang Nong Favorit, karena mungkin operatornya error.
  6. Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang yang telah memilih saya.
  7. pihak City Mall yang sudah memenangkan saya menjadi Nong Berbakat.
  8. bapak wakil walikota yang memberikan pertanyaan paling ajaib.
  9. dan pihak-pihak yang mungkin terlewat. terima kasih
Need more info about Kang dan Nong Kota Tangerang? please leave your comment and i will update this post..

1 komentar:

  1. haha, arinaaa.... bagus banget tulisannya... jd inget masa itu, ga terasa dah 3 tahun yang lalu yaaa... xixixi...

    BalasHapus