24 Maret 2012

Fangirl Trip to Bangkok part 1

tepat satu minggu yg lalu gue membolang ke negeri antah berantah bernama Thailand dengan 1 tujuan yaitu nonton Super Show 4. sounds crazy huh? 3 orang cewek berumur 21 tahun dengan modal nekat pergi ke luar negeri cuma buat nonton konser? but in my world we called it fangirling.

gue stay di Thailand dari tanggal 15-19 Maret 2012 dan sangat banyak mendapatkan pengalaman dan teman baru disana. saat fangirl lain bertanya gue dari mana gue dengan bangga jawab Indonesia. disana juga banyak gue temuin fangirl lain dari belahan dunia lain, mulai dari yg deket kayak Spore, Kamboja, Cina, Jepang bahkan ada juga dari France. percaya deh gue kalo Super Junior itu King of Hallyu Star.

in this post i will tell about my trip to Thailand exclude about the concert.
please sit and enjoy :)

sebelum berangkat gue ada kendala yaitu booked pesawat gue untuk tanggal 17 Maret, gue berpikir klo gue di Thailand cuma 3 hari kayaknya sayang deh dan akhirnya gue telepon CS Garuda untuk coba mindahin pesawat. setelah telpon berkali kali ternyata kata CS Garuda pesawat ke Bangkok full untuk tanggal 15-17. udah mau nangis karena takut ga bisa berarngkat padahal tiket nonton konser tanggal 18 udah beli sama 2Kyuhyun. setelah konsultasi sama beberapa orang yg udah sering go show akhirnya gue nekat tanggal 15 pagi akan langsung ke airport dengan harapan kalau gue emang jodoh pasti gue berangkat.

15 Maret 2012
jam 6 pagi gue sudah siap jalan ke airport, sedikit macet karena jam kantor akhirnya gue sampai di airport jam 7. belom terlambat tapi udah cukup bikin gue deg-degan karena takut waiting list gue diserobot orang. sampe disana gue langsung ke tempat waiting list dan ternyata.. jeng jeng jeng... gue langsung bisa check in. sempet bingung karena sampai tgl 14 malam gue telepon CS Garuda kalo pesawat penuh, tapi ya namanya juga rezeki yaudah gue ambil aja. karena kaget bisa langsung check in ternyata gue lupa bawa duit dan akhirnya lari lari nyari ATM. alhamdulillah bapak bapaknya baik dan mau nungguin gue nyari ATM.

setelah beres urusan tiket gue langsung cabut ke imigrasi karena antrian yang syupeo panjang sampe 20 menit sebelum akhirnya gue bisa lolos imigrasi. pssst.. mas mas imigrasi ternyata centil sama cewek cewek, sampe 5 menitan gue disana gara gara diajak ngobrol dulu. capek deh -_-. setelah masuk boarding gue ngasih tau orang tua dan temen temen fangirl gue klo gue berangkat sekarang (sehubungan dgn kita semua beda penerbangan jadi harus janjian dari sini).

sampe diruang boarding gue rada bingung karena banyak banget yg ngomongin umrah dan tiket mereka bukan ke Bangkok tapi ke Riyadh. dalem hati "salah pesawat ga ya gue??" sampai akhirnya gue nanya ke sebelah gue bener ga ini ke Bangkok. ternyata sekarang pesawat ke Arab emang pakai transit dulu ke Thailand. yayayaya sekarang gue baru ngerti

sampai di Suvarnabhumi gue jadi kayak orang bloon. gue sendirian, sejujurnya gue bingung mau kemana dan ngapain tapi gue baru inget gue harus ke imigrasi dan ngambil bagasi dulu. lagi lagi ketemu antrian imigrasi yg syupeo panjang dan gue cukup terintimidasi karena berada di antara orang orang Eropa yang tingginya rata-rata175cm.

karena gue akan stay di Thailand lebih dari 3 hari gue juga mikir untuk beli simcard Thailand. pas gue lagi nunggu imigrasi ternyata ketemu iklan Happy simcard for Tourist dari DTAC. promo nelepon murah internasional dan tempat beli yg gampang (ada di dalam airport juga) akhirnya gue tergoda buat beli simcard itu. penerbangan internasional keluar di gate 10, tempat beli simcard ada di gate 7. dengan 99baht gue dapet simcard Thailand dengan pulsa 35baht dan juga unlimited internet 24 jam. sounds really really great!. setelah beli simcard gue berajak nyari starbucks untuk nungguin temen gue Mimi yang akan dateng. awalnya gue pikir gue sangat perlu masuk ke cafe atau resto untuk nunggu karena seperti yg terlihat di soetta dimana nyari tempat duduk aja susah banget. tapi ternyata disana ga begitu, setelah gue naik ke lantai 2 dan 3 disana berjejer kursi kursi yang gratis dan silahkan duduki sesuka hati. berfikir bahwa masuk starbucks pasti mahal akhirnya gue duduk doang di kursi sebrang starbucks sambil internetan pake HP.

setelah batre HP gue sekarat, pantat gue mulai panas dan mulai laper akhirnya gue nyerah dan masuk ke starbucks. gue pesan hot chocolate ukuran tall dengan harga 170baht (sekitar 55.000 rupiah). posisi starbucks ini sendiri ada di lantai 3 dekat lift (klo ga salah diatas gate 4). setelah 5 jam nungguin khirnya Mimi dateng juga dan gue cabut dari Starbucks.

perjalanan gue dimulai dengan menginap disalah satu kostan ELF Thailand. awal rencana gue kan nyampe Thailand itu tgl 16 jadi gue booked hotel untuk tgl 16, ternyata karena sesuatu hal kita harus berangkat tgl 15 dan tanya sana sini akhirnya ada ELF Thailand yg sangat baik bernama Tomozuki yg menawarkan kostannya untuk diinepin. agak kaget waktu dia bilang kalo temen 1 kostannya bernama Chompu itu ga bisa bahasa Ingrris dan dia ga akan ada di kostan karena masih di luar kota. becanda sama Mimi klo kayaknya kita bakal ngobrol pake body language.

dari Airport gue naik yg namanya Airport Link, sejenis sky train super cepat yg menghubungkan airport dengan kota Bangkok. tiketnya ga mahal yaitu dari 20baht-50baht aja (6500-16.000 rupiah) tergantung tujuan kita. gue turun di Ramkamhaeng station dan nerusin naik taxi ke kostan Tomozuki. hal yg harus diperhatikan adalah argo taxi. kadang ada taxi bandel yang main tembak aja dan bikin naik taxi jadi mahal bgt, padahal sebenernya klo pake argo resmi naik taxi di Bangkok itu ga mahal mahal amat. malem itu gue kena dibegoin disuruh bayar 100baht (32.000 rupiah) pas naik, padahal di argo cuma tertulis 60baht.

setelah sampe dengan selamat walaupun pake dibegoin sama tukang taxinya akhirnya gue ketemu sama Chompu, dia bawain kita makanan berupa Chicken Curry khas Thailand, pangsit udang, cookies dsb. serius deh dia baik banget. saking banyaknya makanan gue sampe bilang klo gue kenyang bgt dan ga bisa makan lagi. walaupun dia ga terlalu jago english tapi kita lumayan bisa berkomunikasi. sehubungan dia ELF juga jadi rada nyambung lah klo pas ngomongin Kpop atau Super Junior.

kostannya Tomozuki dan Chompu lumayan enak. kostannya jauh lebih gede dibanding kostan di Jakarta, kamar mandi di dalem, pake AC, plus sistem keamanan yg udah pake smart card. gue ga tau kostan begitu berapa bayarnya karna gue disitu nebeng gratis. kkkkk. malem itu ditutup dengan tidur cukup nyenyak dan ngebayangin besok jemput (Super Junior dan ) Manda di Airport.

16 Maret 2012
jam 8 pagi alarm gue udah teriak teriak, hari ini fangirling trip gue resmi dimulai, setelah bersiap siap dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal di dalam kostan Tomozuki jam 11:00 gue dan Mimi cabut ke SUV airport. tukang taxi kali ini bener pake argo, tapi... dia dan gue misscom soal station nya..  bukan dianter ke airport link gue malah di anter ke stasiun kereta api *tepok jidat* karena sempet nyasar akhirnya naik taxi kena 100baht lagi deh.

sampai di SUV airport gue kaget banget liat ELF Thailand yg super rame. kaget juga sih sebenernya karena kalau baca dari jadwal penerbangan harusnya Super Junior udah landing 15 menit yang lalu, tapi emang biasanya mereka nunggu semua security siap baru mereka keluar dan itu bisa memakan waktu 1 jam dari landing. 10 menit setelah gue dateng gue lihat 2 manager mereka keluar dari dalam. anjrit makin deg degan aja ini gue. sempet buka twitter buat mastiin bias gue pake baju apa supaya gue langsung ngeh klo pas dia lewat depan muka gue. 20 menit dari nunggu akhirnya barisan ELF yg terlalu kedepan disuruh mundur (termasuk gue), makin deg degan karena semua staff nya SJ mulai baris di depan muka gue. gue takut ga bisa take foto bias karena ketutupan mas mas security :((

suasana airport waktu suju dateng tgl 16 Maret di SUV airport
setelah 40 menit akhirnya pintu keluar mulai dibikin clear area, instax gue mulai standby dan begitu Super Junior keluar yang terjadi adalah chaos!. teriakan tiada henti. kuping gue pengeng tapi yg bikin gue ngeblank adalah senyum nya Leeteuk. Teuki sebenernya keluar bukan yang pertama tapi karena dia pake baju putih jadi gue langsung ngeh klo itu dia, Teuk langsung ngelambaikan tangan dan ngasih senyum manisnya ke semua arah termasuk ke gue. gue sempet foto si Leeteuk tapi dari hasilnya ternyata gue take kecepetan :(. gue absurd dan ngeblank nyariin Eunhyuk, liat kanan kiri tapi yg gue liat malah Siwon, Donghae, Yesung, Kyuhyun. gue pun  sempet nyalahin instax gue karena respon nya lama, siwon lewat depan muka gue dan gue ga bisa motret karena kameranya belum siap. begitu abang Eunhyuk lewat gue speechless dan take fotonya kelamaan -_-

foto pertama.. kecepetan
foto kedua.. kelamaan

walaupun kecepetan dan kelambatan tapi gue seneng bgt bisa ketemu mereka lagi setelah hampir setahun gue ga ketemu. bahasa indonesia nya kangen ^_^. aduh jangan tanya member suju ganteng apa engga karena jawaban gue GANTENG! MAKSIMAL!. mereka banyak pake masker atau shades karena mareka belum make up and yes, mereka hanya pake make up untuk acara tertentu aja jadi klo cuma jalan di airport mereka ga pake make up. Eunhyuk, Siwon, Leeteuk mukanya licin bgt kayak jalan tol abis diaspal. Donghae ganteng, tapi namanya jerawat ya emang suka bandel biar kata artis jerawatan mah jerawatan aja. hahaha

setelah chaos hampir 10 menit gue ga bisa ngikutin mereka ke Impact untuk rehearsal SS4 karena gue masih harus nungguin Manda, 15 menit berikutnya Manda keluar dari dalem dan kaget begitu gue kasih tau klo suju belom lama keluar dari gate yang sama.

*edit* waktu lagi ngobrol ngobrol sama Manda, Mimi dan satu ELF Cina yg lagi nunggu temennya landing gue agak bingung kenapa beberapa staff SS4 masih berkeliaran di sekitar gate 10 padahal semua member suju sudah pergi dari airport dan ternyata keluarlah Mister dan Prince Manager. Mimi dengan sigap langsung ngeluarin kamera dan ngikutin prince manager hahaha. tapi naas ternyata kameranya abis batre. naas memang. abis keluar 2 manager suju 1 staff cewek makin kedepan, wah gue curiga f(x) nih yg keluar, tapi yg keluar adanya kopernya member suju. kyaaaaaaaa dengan berbagai warna motif dan keunyuaan koper koper mereka ditumpuk jadi 2 troli dan didorong sama cordy noona. gue langsung spotted kopernya Eunhyuk dan Sungmin. ah rasanya pengen gue tilep tuh koper biar 3 hari Eunhyuk ga punya baju HAHAHA *evil*. Koper koper itu dengan manisnya lewat depan muka gue tapi gue cuma bisa bilang "eh itu kan kopernya anak suju ya?. itu kan punya Eunhyuk.." (muka mupeng).

setelah staff SS4 menghilang semua dari airport dan selesai semua urusan kita cabut ke hotel pake airport link lagi. udah baca maps berkali kali akhirnya kita yakin kita harus kemana. gue nginep di The Regent Silom hotel dengan booked lewat agoda.com atas rekomendasi dari sepupu gue dan mama nya Manda. kita booked hotel disana dengan alasan.. ehem.. deket Hotel nya Super Junior. hahahaha. sudah jadi rahasia umum kalau suju dateng ke Thai pasti nginep di Dusit Thani hotel, mereka pasti akan ngebooked 1 lantai tertentu demi keamanan dan kenyamanan mereka (jgn salah, bukan cuma cewek yg mungkin diperkosa.. member suju juga bisa diperkosa cewek cewek loh -_-). sebenernya kita ditawarin untuk sewa kamar di Dusit, tapi karena harga yang paling rendahnyanya aja bisa buat nginep di Regent Silom selama 4 malem jadi kita tolak dengan halus.

untuk sampe di daerah Silom, setelah naik airport link kita turun di Makasan station, turun lalu keluar dari station itu lalu gue naik MRT(subway nya Bangkok) ke Saladaeng Station sekitar 25baht. pas keluar gue langsung disambut pemandangan Dusit Thani. yahooooooooooo. seneng bukan kepalang karena ga nyasar akhirnya kita nanya sama security dimana posisi hotel gue. cuma jalan 3 menit-an akhirnya sampe di hotel. evil mind gue "anjrit ini hotel deket banget sama hotel suju.. smoga ga tergoda.." ?*abaikan*

setelah beres naro barang dan ganti baju gue langsung jalan ke Impact Arena  (tempat SS4 BKK diadakan). we have no clue tapi dengan modal nanya ke ELF dan juga orang sekitar akhirnya kita dpt pencerahan. pertama gue naik BTS di Saladaeng Station (stasiun ini berhubungan sama MRT) dengan tujuan Mo Chit Station. bayar 40baht dan akan ganti transit di Siam Station. transit disini sebenernya cuma keluar kereta, trus nyebrang ke peron 1 lagi dan naik kereta lagi. setelah sampe di Mo Chit kita nunggu Impact Link (shuttle bus yg menghubungkan Mo Chit-Impact). gue ga ngerti mesti naik dimana atau bayar dimana tapi yg gue liat adalah antrian panjang ELF yg mau nonton konser. gue mikir kapan sampe nya klo antrian panjang kayak gitu akhirnya gue naik taxi. dibantu sama remaja Thailand untuk ngomong ke driver kitapun duduk dengan nyaman di taxi. sejujurnya gue ga nyangka klo Impact Arena itu jauh dari Kota Bangkok, klo diitung jarak Impact Arena-Bangkok itu udah kayak Jakarta-Tangerang. cukup jauh lah. hari itu jumat dan udah sore akibatnya gue kena macet pulang kantor -_-. saking capeknya kita bertiga sempet tidur di dalam taxi dan begitu bangun belum sampai juga.

udah jam 6 sore, walaupun langit masih terang tapi bawaan udah stress aja, klo jam segini belum sampe Impact gimana gue mau beli official goods suju?, trus jam berapa gue balik ke hotel?, berapa gue bayar taxi?. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. saat gue stress ternyata taxi udah masuk ke kawasan Impact dan berenti persis di depan Impact Arena. hampir 2 jam dalem taxi, argo taxi Mo Chit-Impact Arena 185baht (60.000 rupiah). diskusi kanan kini memutuskan untuk tidak naik taxi lagi dan menunggu Impact Link aja karena bisa kere klo naik taxi terus.

rezeki emang ga kemana, begitu sampe ternyata tempat beli official goods nya SS4 masih buka walaupun banyak barang yg harus nunggu besok lagi untuk bisa beli karena stock hari ini sudah habis. gila juga suju, barangnya mahal mahal aja masih juga dibeli *ngomong ama diri sendiri*. setelah beli beberapa barang, muncul ide gila  untuk nonton SS4 hari ini di kelas yg paling murah yaitu 900 baht (290.000 rupiah) dengan syarat ada 3 seat yg berurutan. dengan sigap kita langsung nyemperin ticket box dan ternyata ada!. ah emang rezeki nonton akhirnya kita beli lah 3 tiket SS4 BKK hari pertama di kelas 900. acara belum mulai dan kita langsung lari lari masuk ke dalam karena ga mau ketinggalan 1 menit pun.

sejujurnya di hari itu kita sangat tidak prepare, kita ga bawa lightstick (yg mana adalah benda wajib dibawa saat nonton konser) tapi untungnya kita dpt LS project berwarna putih dan akhirnya bisa digunakan selama konser. mari kita skip soal isi konser (akan dibahas di posting lain). setelah 4 jam berada di dalam stadium penuh sapphire blue ocean supaya ga ngantri Impact Link kita keluar setelah bow terakhir dari SuJu tapi acara belum bubar. dalam 5 menit kita langsung dapet shuttle dan duduk dengan gembira.. finaly i can watch Super Junior concert with my own money *legit tears*

setelah turun dari Impact Link waktu udah menunjukkan jam 12:00,  mengingat BTS terakhir ada di jam 12:00 maka gue langsung lari lari kayak orang kesetanan. alhamdulillah masih dapet kereta terakhir bareng puluhan orang lainnya. stupidnya disini kita miss 1 station! pabo maksimum akhirnya ga ada jalan lain selain keluar dari station dan naek taxi. sempet ketemu ELF di luar station BTS dan nanya arah dan memang bener hanya taxi pilhan untuk sampe ke hotel. sehubungan dengan hotel gue tergolong kecil jadi ga semua tukang taxi itu tahu, otomatis kita pake patokan paling dahsyat yaitu Dusit Thani Hotel hahahaha. naik taxi dan drivernya langsung bilang okay begitu kita sebut Dusit Thani.

setelah sampai di Dusit gue turun dan dijemput Eunhyuk (ga deng, ini delusi) dan mampir ke McD sebrang Dusit karena laper banget dan bingung mau makan apa yang halal. di McD biar aman gue pesen Fille o'fish plus cola dan fries seharga 109baht. karena udah laper banget jadi ga mikir itu mahal apa murah. sambil makan sambil ngomongin Siwon (entah kenapa kita jadi ngomongin Siwon) setelah itu jam setengah 2 kita balik ke hotel dengan badan yg udah rentek dan mata yg syupeo ngantuk.

eh lucunya abis itu Siwon ngetweet bilang jgn suka ngomongin orang dibelakang. gue dan temen temen jadi mikir, jangan jangan tadi di McD ada Siwon yg dengerin omongan gue yang lagi ngomongin dia (delusi lagi) hahahah.

nb: untuk hotel kecil, kalau 1 kamar ditempatin lebih dari 2 orang, kita akan kena charge tambahan, fi hotel gue kita kena 300baht perhari, kalian ga harus pesan extra bed kok. dgn 300baht (yg wajib dibayar) kalian dpt selimut, handuk dan jatah minum tambahan. bayar tambahan akan diakumulasikan pas check out