05 Maret 2017

Belanja di BH Cosmetics USA dan Lolos Bea dan Cukai

Hi..

Kali ini aku mau berbagi pengalaman membeli barang langsung dari USA. Kadang kadang gemes kan kalau lihat barang impor USA harganya meroket sampai di Indonesia padahal kalau beli langsung dari USA harganya bisa murah.

Kok PD banget mau impor sendiri? memang ga takut "ditahan" Bea dan Cukai"?. Impor boleh, tetapi harus paham dahulu apa saja yang tidak bolehnya..


Sesuai peraturan bea dan cukai barang yang masuk ke wilayah Indonesia (barang impor) diberlakukan bebas bea masuk jika harga CIF (Cost, insurance and freight) atau harga barang + harga asuransi + harga biaya kirim di bawah USD 50 dan tidak termasuk dalam barang kategori Larangan atau Pembatasan (LARTAS).

Sebetulnya banyak kok barang yang bisa kita impor sendiri tanpa khawatir akan "ditahan" bea cukai seperti misalnya Tas, Baju, Sepatu, aksesoris Handphone dan make up tools. Setelah sudah sering impor dari Hongkong dan Cina untuk beli printilan handphone lewat ebay. Kali ini aku mencoba membeli barang dari BH Cosmetics.

Karena sedang diskon 50% aku mencoba membeli tas make up dan kakak aku membeli brush set dari BH Cosmetics yang harga total hanya USD 22 dan ongkirnya hanya USD 8. Karena tas dan make up tools tidak termasuk dalam katogori Lartas dan harga CIF juga dibawah USD 50 maka aku yakin barang ini akan bisa masuk dengan langgeng ke Indonesia.

Transaksi tanggal 24 Desember 2016 dan pihak BH Cosmetics mengirimkan tanggal 30 Desember 2016 lalu saat dicek kode pengiriman tanggal 4 Januari 2017 barang sudah keluar dari USA menuju Indonesia. Nah, kekurangannya adalah BH Cosmetics hanya menyediakan 1 jenis pengiriman yaitu dengan air mail artinya nomor resi yang mereka berikan hanya bisa terlacak hanya sampai barang meninggalkan USA setelah itu barang tidak bisa diketahui lagi keberadaannya.

Karena tidak sabar, tanggal 22 Januari 2017 aku sama kakak berangkat ke kantor pos Tangerang dan nanya langsung apakah barangnya sudah sampai. Di kantor pos pelayanannya baik dan sigap tetapi karena memang nomor resi yang tidak bisa dilacak jadi mereka hanya info bahwa jika barangnya ada pasti mereka kirim surat panggilan. Alhamdulillah bapak posnya ingat betul dengan nama kakak saya karena keseringan dapat paket hahaha. Mereka bilang bahwa jika barang belum ada di kantor pos Tangerang berarti barang tersebut masih ada di kantor pos Pasar Baru karena dalam proses Bea dan Cukai.

4 hari berselang, surat cinta yang kami tunggu datang juga. surat tersebut hanya menuliskan kami harus datang dan membayar Rp7.000 sebagai biaya bungkus ulang. Biaya bungkus ulang berarti paket telah dibuka oleh pihak bea cukai dan kantor pos harus membungkus ulang paket tersebut.

Tanggal 26 Januari 2017 jam 3 sore aku langsung meluncur ke kantor pos untuk mengambil barang. Hoaaaaah kaget juga ternyata sukses juga nih impor barang langsung dari Amerika yang katanya agak sulit impor dari sana karena banyak kena bea dan cukai.

Segel dari kantor pos
kode dari bea cukai
segel dari bea cukai

Barang terbungkus rapi pada tempatnya
Aku foto on the spot di kantor pos setelah aku menerima barang tersebut. Walaupun telah diperiksa bea dan cukai tetapi kondisi barang masih rapi seperti dibungkus oleh penjual dan juga tidak ada barang yang cacat. wah.. salut deh sama kerja Bea dan Cukai.

Dengan harga USD 12 atau cuma Rp160.000 aku puas sekali dengan make up bag dari BH Cosmetics ini karena ternyata jauh lebih besar dari yang aku bayangkan dan juga modelnya elegan. Bagian atas diperuntukan sebagai tempat brush dan aksesoris dan bagian bawah untuk tempat make up. 

Bagian atas untuk kuas

bagaian bawah sangat luas untuk berbagai kosmetik
Alhamdulillah, dengan peraturan baru tentang Impor Barang Kiriman yang berlaku mulai 28 Januari 2017 nilai pembebasan bea dan cukai berubah menjadi FOB USD 100 (Pasal 12 ayat 1 poin b), nah karena berubah menjadi FOB maka nilai yang diperhitungkan akan bertambah menjadi nilai barang + asuransi + ongkos kirim + harga loading dan unloading (jika ada). Namun tetap acuran Lartas tidak berubah jadi boleh impor tetapi jangan impor barang yang aneh aneh ya..

Sayangnya, Kosmetik adalah salah satu barang yang termasuk kategori Lartas sehingga tanpa adanya ijin BPPOM jangan coba coba impor kosmetik karena bisa dapat surat cinta dari Bea Cukai untuk membuktikan kita punya ijin BPPOM. huhuhu

Bagaimana kalau kamu? yuk hunting barang dan impor sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar